tvone Road to Undisputed 3, Mike Tyson Dan Oscar DeLa Hoya Jagokan Canelo Jatuhkan Plant

By Abdi Satria


Catatan 

M. Nigara

Wartawan Tinju Senior

Komentator tinju tvone 

MANTAN juara dunia kelas berat sejati, Mike Tyson dan mantan juara dunia di enam kelas berbeda (super featherweight, lightweight, light welterweight, welterweight, lihgt middleweight, dan middleweight) Oscar DeLa Hoya, yakin bahwa Saul Canelo Alvarez dapat mengalahkan Caleb Plant. Bahkan keduanya menegaskan: "Canelo menang KO atau TKO!" 

"Benar Plant memiliki mualitas teknik yang baik, tapi pengalaman Canelo akan membuat Plant kesulitan," tukas Oscar. "Saya yakin Plant akan dihentikan di antara ronde 9, 100, atau 11!" lanjut pemilik Golden Boy Promotions itu. 

Mike Tyson lebih spesifik lagi. "Caleb itu tidak bagus dan tidak tahan pukul. Saya kira pertarungan tidak akan lebih dari lima ronde!" ujar Tyson. 

Selain dua jagoan itu, sederet para mantan juara dunia dan juara dunia: Andy Ruiz, Carl Frampton, Matthew Hatton, Ryan Garcia, Billy Joe Sanders, dan Eddie Hearn, promotor dari Macthcroom, juga meyakini Canelo akan memenangkan pertarungan. 

Meski demikian, memurut para jagoan itu, Canelo akan memperoleh perlawanan ekstra ketas. "Caleb mampu bermain lewat sisi-sisi. Artinya, dia akan menghindari benturan dari depan sebagaimana kebiasaan Canelo, " kata mereka. 

Bahkan Eddie Hearns menyebutkan ada sedikit peluang Plant yang jika tidak disikapi dengan cermat oleh Canelo, akan berbahaya. 

Tunggu Dulu

Berbeda dengan deretan para jagoan di atas, bagi Shawn Porter, mantan juara dunia kelas welter dan Andre Ward juara dunia di dua kelas berbeda, Caleb Plantlah yang akan menang. 

"Mereka (kubu Canelo) tidak memiliki catatan kehebatan Plant. Dia (Plant) memiliki kekuatan dan kecerdasan di luar pengetahuan mereka!" katanya. "Para pengamat dan penggemar memilih Canelo hanya bedasarkan catatan sejarah. Tapi ini pertarungan tinju bukan pertarungan catatan!" katanya lagi. 

Bagi Shawn Porter, selama ini banyak orang yang mengabaikan kekuatan Plant yang sesungguhnya. Jika juara dunia kelas super menengah itu mau dan mampu menggunakan kekuatannya, maka Canelo akan kalah. "Lagi pula, dia (Plant) berkeinginan masuk dalam daftar hall of fame, maka pertarungan ini harus ia menangkan. 

"Motivasinya jadi berlipat, bukan hanya untuk umivikasi, tapi juga untuk hall of fmae. Ini akan jadi luar biasa," lanjut Porter. 

Tiket Penonton Nyaris Ludes 

Hampir 100 persen dari 16,800 kursi di MGM Grand Arena, Las Vegas, terisi sudah. Padahal tiket Univikasi Super Middleweight, Canelo Alvarez vs Caleb Plant, termurah tribun atas wing 222, dibandrol 590 Usd atau sekitar Rp 8,378 juta perlembar. Sementara Ring side termurah 5,416 Usd atau Rp 76,9 juta dan termahal center B sebesar Rp 150,8 juta pertiket. 

Showtimes menjual sambungan PPV di Amerika 79,99 Usd (Rp 1,135 jt), di Inggris dan Irlandia 19,99 pounds (Rp 386 ribu), dan di Australia 59,99 dolar Australia (Rp 635 ribu) persambungan. Diprediksi sekitar 1,5 juta sambungan akan terjual. 

Sementara di Indonesia, tvone mementaskan laga tersebut sejak pukul o9.oo. Laga yang seru ini semakin mengukuhkan bahwa tvone adalah satu-satunya stasiun televisi yang konsisten  mementaskan tinju-tinju dunia yang terbaik sejak awal berdiri. (*)